Plus Minus Aplikasi Quran Android dan iQuran Lite

Posted: May 17, 2013 in Uncategorized

Saya sudah cukup lama memakai aplikasi Quran Android di tablet Samsung Galaxy Tab 2 saya. Bahkan setahun sebelumnya, saat masih memakai Samsung Galaxy Mini. Namun memang aplikasi Quran Android ini akan terlihat menyiksa saat dibaca di layar kecil seperti Galaxy Mini.

Namun dari hasil cari-cari di internet, saya mendapat tulisan di web http://pengusahamuslim.com/iquran-quran-viewer-1732 bahwa salah satu aplikasi Alquran yang cukup nyaman dilihat di layar kecil adalah iQuran Lite. Akhirnya saya coba download dan lihat tampilannya seperti apa.

Aplikasi iQuran Lite ini memang memiliki tampilan yang lebih berwarna dibanding Quran Android, sehingga terlihat lebih indah dan menarik. Berbeda dengan Quran Android yang hanya memiliki warna hitam bergaris dan cenderung terlihat gelap.

Namun yang saya suka dari Quran Android dibanding iQuran Lite adalah semuanya yang serba gratis, termasuk terjemahan dalam bahasa Indonesia dan tafsir ibnu katsir yang bisa kita download gratis. Meski memang Quran Android ini tidak memiliki pewarnaan tajwid seperti halnya yang dimiliki iQuran Lite (versi gratisnya hanya di juz 30 saja, untuk menampilkan fitur tajwid berwarna di semua juz, kita mesti beli versi berbayarnya). Di iQuran Lite, untuk mendapat terjemahan Indonesianya, kita mesti beli yang Pro.

Singkatnya, berikut plus minus dua aplikasi quran tersebut :
Kelebihan Quran Android, yang tidak dimiliki iQuran Lite :
1. Tersedia terjemahan semua bahasa, Gratis, tinggal download. Pada iQuran Lite, hanya ada terjemahan dalam bahasa Inggris. Untuk terjemahan bahasa lainnya, harus dalam versi berbayar (Pro).
2. Begitu pula fitur audio bacaan tilawah dari beberapa qori terkenal. Pada Quran Android tinggal download saja, sedangkan pada iQuran Lite, kita mesti memiliki versi iQuran Lite Pro (berbayar).
3. Tampilan layar per halaman, mirip lembaran quran, tinggal geser kiri atau kanan untuk berpindah halaman. Sama dengan quran madinah (Silahkan cari di internet apa kelebihan cetakan quran madinah). Sementara tampilan layar quran pada iQuran Lite dalam bentuk scroll atau menggeser layar ke atas bawah.

4. Ada fitur tampilan untuk membaca di tempat gelap (background layar akan hitam, tulisannya menjadi putih).
5. Tersedia fitur download gratis tafsir ibnu katsir yang ditulis dalam tulisan Arab. Bagi Anda yang bisa membaca tulisan Arab, tentu fitur tafsir ini sangat menarik untuk di baca. Sementara pada iQuran Lite, tidak saya temukan pada versi gratisnya. Entahlah jika tersedia dalam versi berbayarnya.

Kekurangan Quran Android, yang dimiliki iQuran Lite :
1. Tidak cocok untuk layar kecil dibawah 5 inci. Untuk layar kecil, iQuran Lite lebih enak dibaca dalam kondisi layar potrait atau landscape.
2. Tampilan hanya dua warna, tidak full color seperti iQuran Lite.
3. Untuk tampilan huruf yang lebih besar, layar harus di putar menjadi bentuk landscape. Sementara pada iQuran Lite, tulisan arab sudah enak terbaca meski pada layar kecil karena dalam satu layar penuh hanya terlihat 4-6 ayat.

4. Tidak ada fitur tajwid berwarna. iQuran Lite versi gratis memberikan tajwid berwarna pada juz 30. Untuk versi Pro (berbayar) tajwid berwarna ada di semua juz.

Itulah kelebihan dan kekurangan pada kedua aplikasi quran yang saya rekomendasikan. Quran Android yang saya gunakan terpasang di Tablet Samsung Galaxy Tab 2 layar 7 inch. Sementara iQuran Lite saya pasang di smartphone Samsung Galaxy Mini dan Samsung Galaxy Chat.

Selamat memilih🙂

Hendra Permana
pasarterasi.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s