saat GMail dan FB bedakan titik….

Posted: September 27, 2011 in Website
Tags: , , ,

Semenjak menerima email “nyasar” tersebut, pikiran saya hanya menerawang alangkah bodohnya FB memberikan akses penuh dalam email notifikasi FB ke setiap user sehingga saat ada kesalahan kirim seperti ini, orang yang menerima email dapat dengan leluasa masuk ke FB orang lain, yang tidak seharusnya dia menerima email notifikasi FB tersebut.

Namun, setelah beberapa hari cukup intens mencari tahu penyebab adanya kesalahan kirim email ini, akhirnya saya menemukan jawaban yang membuat saya cukup kaget dari GMail. Bahwa ternyata GMail tidak membedakan penggunaan titik (.) pada alamat email. Sehingga alamat email hendra.permana@gmail.com dan hendrapermana@gmail.com dianggap SAMA. Saya tuliskan penjelasan GMail tersebut dibawah.

===============

Menerima email yang ditujukan kepada orang lain

Ada tiga alasan umum mengapa pengguna Gmail merasa bahwa mereka menerima email yang ditujukan kepada orang lain. Pilih penjelasan yang cocok dengan situasinya di bawah.

Alamat Anda serupa namun dengan lebih banyak atau lebih sedikit titik (.) atau huruf besar/kecilnya berbeda.

Terkadang Anda mungkin menerima pesan yang dikirimkan ke alamat yang mirip dengan alamat Anda tetapi dengan jumlah atau susunan titik yang berbeda. Meskipun kami tahu mungkin menakutkan jika Anda mengira email orang lain dialihkan ke akun Anda, jangan khawatir: kedua alamat itu milik Anda.

Gmail tidak mengenali titik sebagai karakter dalam nama pengguna, Anda dapat menambah atau menghapus titik dari alamat Gmail tanpa mengubah alamat tujuan sebenarnya; semuanya masuk ke kotak masuk Anda, dan hanya milik Anda. Singkatnya:

 

homerjsimpson@gmail.com = hom.er.j.sim.ps.on@gmail.com

homerjsimpson@gmail.com = HOMERJSIMPSON@gmail.com

homerjsimpson@gmail.com = Homer.J.Simpson@gmail.com

Semua alamat ini milik orang yang sama. Anda dapat melihatnya jika mencoba masuk dengan nama pengguna Anda, tetapi menambahkan atau menghapus titiknya. Anda masih akan masuk ke akun Anda.

Jika Anda menerima email yang sepertinya ditujukan kepada orang lain, kemungkinan si pengirim salah memasukkan alamat, seperti halnya Anda salah menekan nomor telepon seseorang. Dalam kasus ini, kami sarankan Anda menghubungi pengirim atau situs web asalnya apabila memungkinkan untuk memberi tahu kekeliruan tersebut.

Yang terakhir: Google Apps tidak mengenal titik. Apabila Anda ingin memiliki titik dalam nama pengguna, minta administrator domain untuk menambahkan nama pengguna yang diinginkan sebagai nama panggilan.

 

sumber : https://mail.google.com/support/bin/answer.py?hl=id&ctx=mail&answer=10313#

=======================

WOW!!! berarti selama ini, meskipun saya login GMail dengan menggunakan email hendrapermana@gmail.com (tanpa titik), saya masuk ke email saya sendiri yang menggunakan titik dan akhirnya ini sudah saya buktikan.

Namun, sayangnya FB (dan ternyata akun social media lainnya) membedakan antara penggunaan titik pada email tersebut. Sangat berbeda dengan yang diberlakukan oleh GMail.

Akhirnya saya coba eksperimen membuat akun FB dan GMail dengan user name yang bedanya hanya pada titik. Saya buatkan alamat FB dengan user name hapeajah@gmail.com dan hape.ajah@gmail.com.

Dan ternyata FB membedakan titik pada user name email tersebut. Saya masuk ke dua akun FB yang berbeda dengan nama user email yang oleh GMail dianggap SAMA.

Tapi ada juga tuips yg komen, kemungkinan akun FB yang bisa saya masuki tersebut akun FB saya yang pernah dibuat dulu, tapi lupa digunakan. Well, ok tapi selupa-lupanya saya, tidak mungkin saya memasang gambar Viking Persib sebagai gambar akun FB saya. Meskipun saya penggemar Viking Persib Bandung, tapi saya tidak se fanatik itu koq…..🙂 Dan lagi pula tanggal lahir akun FB itu juga tahun 1987. Nah lho, tahun apaan tuh??? sama sekali tidak ada korelasi dalam sejarah hidup saya.

Sambil nyengir, tadinya saya sudah siap-siap saja kirimkan email ke GMail dan FB yang sudah saya buat sebelumnya. Email komplain yang niatnya untuk mewanti-wanti FB agar tidak memberikan akses langsung dalam email notifikasi dan email ke GMail agar tidak salah kirim email yang memiliki beda titik (.)

So, case closed. Jelas sudah semuanya. Berarti sebagaimana saran dari GMail, sebaiknya saya segera memberitahu user FB yang kemungkinan salah tulis alamat email yang memiliki beda tipis dengan penulisan email saya tersebut.

Dan semoga kejadian ini menjadi pelajaran berharga buat sahabat semua, agar hati-hati dalam menuliskan alamat email saat membuat user name akun social media macam FB, tuips, koprol, dll.

Salam waspada,

Leave a Reply

