Amankan akun FB kita….saat ini juga…

Posted: September 22, 2011 in Website
Tags: , , , , , ,

Beberapa hari yang lalu ada teman saya yang memiliki akun FB Bunda Uwais Shop yang dia bilang bahwa akun FB tersebut sudah di hack dan di bajak oleh orang lain. Beberapa teman akun FB itu bilang bahwa status yg dibuat oleh akun Bunda Uwais Shop aneh dan tidak biasanya, sehingga beberapa temannya curiga dan melaporkan langsung ke teman saya tersebut. Beberapa cara sudah teman saya lakukan untuk merebut kembali akun FB nya tersebut, namun hingga saat ini akun tersebut masih belum bisa diambil alih.

Mendengar cerita seperti itu, jadi mengingatkan saya dengan kejadian beberapa hari yang lalu saat saya mendapat email FB notifikasi untuk user lain. Cerita lengkapnya bisa disimak di sini.

So, ada beberapa tips dari saya untuk mengamankan akun FB kita semua :

  1. Buatlah password yang rumit & berkombinasi huruf dan angka. Bila perlu ubah secara rutin password FB kita tersebut.
  2. Lengkapi semua perangkat security di FB kita, mulai dari security ke handphone kita, notifikasi log in perangkat yang digunakan, dan layanan security lainnya yang sangat banyak dan sedikit rumit telah FB sediakan. Namun, meskipun rumit, tidak ada salahnya kita amankan dengan rumit akun FB kita sehingga tidak mudah di bajak orang lain.
  3. Cek kembali pengiriman email notifikasi kalian. Jangan sampai salah mengetik alamat email sendiri karena resikonya akun FB kita bisa (dengan mudah) dibajak orang lain.

Berikut beberapa capture gambar yang bisa saya dapat dari dua akun FB berbeda yang mana FB orang lain ini bisa saya masuki melalui email notifikasi yang salah dikirimkan sebagaimana cerita saya sebelumnya.

 

My FB Security Setting

My FB Security Setting

 

Another User FB Security Setting

Another User FB Security Setting

FB Notification Setting

My FB Notification Setting

 

Another User FB Email Notification

Another User FB Notification Setting

My FB Mobile Setting

My FB Mobile Setting

Another User FB Mobile Setting

Another User FB Mobile Setting

So, bagi sahabat semua silahkan periksa lagi keamanan akun FB kalian sebelum ada orang lain yang berusaha mengambil alih dan menyalahgunakan akun FB kita.

Salam berjaga,

Leave a Reply

