Saat kita bisa log in ke FB orang lain…

Posted: September 21, 2011 in Website
Tags: , , ,

Saya memiliki email di gmail dengan alamat : hendra.permana@gmail.com.

FB Notification for me

FB Notification for me

Saya juga memiliki akun FB dengan menggunakan alamat email login gmail tersebut, sehingga setiap notifikasi dari FB selalu saya kirimkan ke email gmail saya tersebut.

Akan tetapi saya baru ngeh bahwa ternyata selama ini, setiap kali ada notifikasi email dari FB, ternyata tidak hanya untuk akun FB saya saja, tapi juga untuk akun FB dengan alamat email yang mirip sekali dengan alamat email saya tersebut.

Jadi ternyata ada notifikasi email FB yang masuk ke email gmail saya untuk user akun FB : hendrapermana@gmail.com

FB Notification for 'other'

FB Notification for 'other'

Sehingga karena itu, saya bisa masuk dengan leluasa ke akun FB tersebut, seperti saya masuk ke akun FB saya sendiri.

Saya sungguh kaget karena saya mendapatkan FB Email notification untuk user lain yang namanya mirip sekali dengan milik saya. Ini sebuah kesalahan fatal yang (menurut saya) dilakukan oleh gmail.

Karena setelah saya cek di setting akun FB saya “yang lain” itu, ternyata setting email sudah sesuai dengan alamat email gmailnya. Kerugian yang disebabkan dari kesalahan kirim email notifikasi ini adalah dalam email tersebut, saya mendapat akses langsung masuk ke akun FB dan (jika niat saya tidak baik) dengan leluasa dapat meng-hack akun FB tersebut.

My FB Account Setting

My FB Account Setting

Dan kesalahan fatal ini seharusnya tidak terjadi seandainya gmail tidak salah mengirimkan email pesanan dari FB yakni yang seharusnya untuk hendrapermana@gmail.com malah dikirim ke hendra.permana@gmail.com

FB Account Setting another me

FB Account Setting another me

Selain itu, kesalahan FB juga yakni memberikan akses masuk langsung (log in) melalui email notifikasi yang FB kirimkan ke alamat email user, sehingga dengan adanya kesalahan pengiriman seperti ini akan membuka celah banyaknya akun FB yang secara tidak langsung ter-hack.

Apa yang akan terjadi bila ternyata notifikasi akun FB tokoh penting dunia terkirim ke email kita sendiri yang memiliki penamaan email yang sama persis?

Semoga kesalahan pengiriman email notifikasi ini tidak merugikan akun-akun FB yang lain. Dan semoga pihak gmail ataupun FB dapat segera memperbaiki kesalahan ini.

Comments
  1. […] Saat kita bisa log in ke FB orang lain… […]

Leave a Reply

